CDI mati, direbus aja…….

Posted: September 12, 2012 in Uncategorized

Capacitor Discharge Ignition adalah suatu rangkaian elektronika pintar yang membuat arus putus putus, kegunaannya sangat vital untuk pengapian mesin jaman sekarang, dulu pake platina.

Gambarnya nyomot dari gugel

Ngomongin CDI mati saya punya pengalaman menarik. teringat setelah baca post mbah bonsai disini

Dulu sekitar taun 2000 an lagi demen demennya vespa, dulu vespa saya keluaran taun 1977 masih platina yang kemudian saya modif pengapian jadi CDI karena platina cukup ribet, sering nyetel.

Sekitar pemakain 6 bulan setelah ganti ke CDI terasa gejala ndut ndutan kalo udah beberapa lama jalan yang akhirnya CDI nya mati (maklum CDI murahan). Dapat trik dari seorang teman, katanya CDI mati direbus aja. Awalnya ga percaya tapi saya pikir ga ada salahnya dicoba, toh udah mati juga. setelah air mendidih masukkan cdi beberapa menit baru diangkat. setelah direbus dikeringkan trus pasang lagi ke motor. Bagaikan mukjizat, sekali engkol mesin langsung hidup dan ga ada ndut ndutan lagi, normal aja. Lumayan, ga jadi keluar duit buat beli CDI baru

Selang beberapa lama setelah itu ada teman saya motornya Honda Grand CDI nya mati. saya suruh rebus, awalnya dia ga percaya. tapi karena pikirnya sama dengan saya, Toh CDI nya udah mati. dan akhirnya idup lagi.

Katanya CDI mati kebanyakan penyebabnya karena elemen didalam kapasitor yg lengket jadi tidak ada kapasitor discharge. setelah direbus elektrolit didalam kapasitor mencair dan membasahi elemen2 elektroda sehingga elemennya kembali merenggang.

Catatan penting.
Tidak semua CDI mati bisa hidup lagi dengan cara direbus. Hanya yang disebabkan elemen didalam kapasitor lengket. gimana mastiinnya …… ya rebus aja toh udah mati juga. kalo idup ya syukur😀

Semoga berguna

Comments
  1. Aa Ikhwan says:

    gak ada salahnya…toh dah mati ini ya:mrgreen:
    ajib2😀

  2. tambah ilmu,,,,josss,,,,makasih ud share ilmu

  3. richie says:

    mantap😀 kalo berhasil, bisa ngurangin pembiayaan beli CDI mati

  4. Gmc Paradise says:

    Sekali2 mati bro hihihihihi, dari pada hidup ters…
    mampir bro http://gombongmotorcommunity.com/

  5. Anto says:

    kumaha lamun jelema dikitukeun…hehe….

  6. brigade jalan raya says:

    Serem. Hehe

  7. joko says:

    ntar gue coba goreng aja, tambah tepung biat makin joss jadi CDI racing

  8. touringrider says:

    hahaha.. mantabb idenya.

  9. […] Well, jan iso geleng-geleng moco 2 artikel ini, satune punya mas Tri, satunya punya mas itemompong.. Konsumen Indonesia yang katanya mas Tri “priyayi” jan nggawe ngelu, maunya barang […]

  10. burahol says:

    hahhaha… ada2 aja, knp ga kapasitornya aja yg diganti baru kan hargany jg murah.

  11. ngrebusnya dikasih bumbu sama kecap nggak ?:mrgreen:

  12. kharis27 says:

    ajib di godog sampe empuk hehe

  13. eko says:

    jika masih hidup CDIku tp gak kuat jk pakek doble starter mz, berani gak ya d godok…

  14. makasih bagi2 info.a om

  15. lugupol says:

    klu scrnya gosong gimana? direbus apa dilembiru…

  16. monotommy says:

    Boleh di coba nih..

  17. Ahmad yono says:

    Ada ada wae

  18. diqi says:

    ngerebus.a pada waktu air masih mnddih… d.atas kompor tah mas..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s