Pengaman motor sederhana

Posted: September 7, 2012 in Uncategorized

Cerita dulu ye …..🙂

Beberapa bulan yang lalu saya dikejutkan cerita teman yang kehilangan motor Byson yang masih kredit dan baru berjalan 4 bulan padahal udah pake gembok di cakram setelah claim asuransi cuma dapet bebas angsuran padahal yang udah dikeluarkan lumayan banyak diantaranya uang muka 7 juta + cicilan 4 bulan.

Denger cerita itu saya jadi takut, akhirnya saya bikinlah pengaman sederhana ini, modalnya cuma 10rebu. Daripada beli alarm motor harganya diatas 200ribu bedanya cuma remote doang.

Prinsip kerjanya sederhana, switch arus supply ke CDI dengan menggunakan SCR ditambah komponen pendukung lainnya.

schematic nya

pengaman motor sederhana

rangkaian pengaman motor sederhana

komponen yang dibutuhkan:
1. SCR BT151
2. Relay 12v
3. 7805 regulator
4. dioda 1N400x (1A)
5. Reed switch atau sensor magnet

SCR sebenarnya tidak harus BT151 tapi bisa juga pake scr seri lainnya, saya pake BT 151 karena ada stok dirumah. Relay bisa pakai sembarang relay asalkan 12v, switch relay untuk switching input CDI. 7805 sebagai trigger untuk SCR yang memerlukan tegangan 5V. Dioda hanya sebagai pembatas arus ga dipake juga ga masalah. Input yang ke Relay diambil dari kunci kontak

prinsip kerja:
Setelah kunci ON harus menghidupkan SCR, dengan memberi tegangan 5v ke trigger SCR maka SCR aktif dan menghidupkan Relay (udah kebayang kan??)

Penampakan rangkaian yang udah jadi (saya masukkan kedalam kotak konektor telpon)

Sebenarnya gambar diatas setengah jadi (tinggal nambahin kabel kabel) dan bukan yang saya pake tapi pesanan teman sekantor, punya saya udah terpasang di motor.

semoga berguna ……

update,
artikel ini pernah saya post di kolom komen blognya aa ikhwan di artikel ini http://aaikhwan.wordpress.com/2012/07/27/nyaris-euy/

lanjutannya disini nih
https://itemompong.wordpress.com/2012/09/10/pengaman-motor-sederhana-bag-2/
lebih keren lagi

Comments
  1. Aa Ikhwan says:

    ajib2..blm sempet cb buat nih ane😀

  2. Ari CX Rider says:

    weh ,, bisa di produksi massal nihh

  3. yang aman taruh mana sakelar nya mas?

  4. ipanase says:

    kapan ya bisa bikin ginian

  5. simol says:

    artikel bagus ni🙂
    btw sensor magnetnya belinya d mana y om?? samkel….:)

  6. simol says:

    sayang gambarnya kurang jelas,maklum pake hp🙂

  7. simol says:

    oh…ya ane mau nanya nih soalnya ane minat tp msh bingung🙂
    ngemeng2 ntu tegangan 12v yg ke reed switch dr mana ya???
    🙂

  8. simol says:

    ok mas…manfaat banget ni ilmunya,btw simbol k1 itu relay kan MAKASIH BANYAK YA MAS🙂

  9. Nichoz Ahmad says:

    wah pengin bkin,, tpi kyanya sensor magnetnya susah,, nyari scr di sini aja susah,,,

  10. […] tulisan tulisan saya yang ini banyak yang bertanya terutama 2 komponen yang “katanya” susah dicari atau ga ada yang […]

  11. agus says:

    maaf Mas bisa minta gbr yg dah berbentuk PCB? soalnya saya liat skemanya bingung, mksh sebelumny.

  12. ArisPujianto says:

    mas,aku mau belajar bikin tapi lihat skemanya bingung,gak paham elektronik tapi niat bngt buat.kira2 ada petunjuk lebih detail gak buat orang awam kayak aku..
    motorku vario 125 techno mas,aku takutnya klo salah rakit malah motorku gak jalan,klo berkenan kirim ke email aku
    email ku mas arispujianto65@ymail.com
    terimakasih mas, di tunggu

  13. ArisPujianto says:

    mas rangkaian nya itu semua di rangkai di atas PCB ? gampang atau gak
    mas lokasi dimana klo blh tau?

  14. Zainal Arifin says:

    mas klo untuk CB 150r bisa ga yaa???
    mohon infonya mas di inal_gangga@yahoo.com makasih mas

  15. Mas, sambungan ke motornya kabel yg mana tu???

  16. erik casillas says:

    mas broo itu relay harusnya dikasih dioda antisipasi feedback tegangan biar nggak ngrusak komponen yg lain.

Leave a Reply

